Skip to main content

Fungsi Logika dan Operator Logika (step by step) Ms. Excel

Dalam Microsoft Excel, fungsi logika hanya ada dua hal yang pasti yaitu, jika pada saat menguji kondisinya dan memenuhi syarat nilainya akan TRUE sedangkan pada saat menguji dan tidak terpenuhi syaratnya maka nilainya akan FALSE.
Rumus fungsi logika IF:
=IF(ekspresi logika, perintah 1, perintah 2)
atau
= IF(ekspresi logika; perintah 1; perintah 2)


contoh soal


Pertama-tama yang dikerjakan adalah menentukan gradenya, maka rumus yang digunakan adalah
=IF(F2>=80,"A",IF(F2>=70,"B",IF(F2>=60,"C",IF(F2>=50,"D","E"))))
Setelah ketik rumus tersebut pada selG2, tinggal tarik kebawah. Perlu diperhatikan bahwa anda menentukan grade berdasarkan rata-ratanya, jadi yang dimasukkan ke rumus adalah sel rata-rata sebelahnya ya...(itu si F2 loh yang kumaksud diatas tadi)

Selanjutnya, kita tentukan keterangan LULUS/ GAGAL. Nah, sebelumnya rumus diatas hanya berlaku pada fungsi logika IF. Sekarang, kita tambah dengan fungsi operator logika OR dengan masukkan rumus ini, dan berdasarkan grade ya bukan rata-rata lagi.
=IF(OR(G2="A",G2="B",G2="C"),"LULUS","GAGAL")
Tinggal tarik kebawah lagi ya biar gak ketik ulang capek-capek deh.



Moving on pada sedikit penjelasan fungsi operator logika OR/ AND,

Logika AND memberikan nilai TRUE jika semua inputannya bernilai benar. Jika salah satu inputannya salah, maka menghasilkan False
Logika OR Memberikan nilai TRUE jika salah satu inputannya bernilai benar. Jika kedua inputan salah, maka bernilai False. 

contoh soal


Kali ini, kita menggabungkan operator logika OR dan AND, maka rumusnya adalah
=IF(OR(AND(D12="SD",E12>75),AND(D12="MI",E12>80),AND(D12="SMK",E12>=80),AND(D12="S1",E12>=90)),"LULUS","GAGAL")
Hasilnya begini kawan!

Comments

Popular posts from this blog

SOAL LATIHAN & JAWABAN FUNGSI LOGIKA DAN OPERATOR LOGIKA (IF, OR, AND)

Question #1 ANSWER WITH THIS FORMULA =IF(AND(D3="Married",E3=100000),"5000","0") Question #2 DI KOLOM BONUS, PAKAI RUMUS INI =IF(OR(C3=1,C3=2),"5000","10000") DI KOLOM TUNJANGAN, PAKAI RUMUS INI =IF(OR(C3=1,C3=2),"10000","20000") DI KOLOM LEMBUR, PAKAI RUMUS INI =IF(AND(C3=1,D3="5000"),"3000","2000") Question #3 FORMULA UNTUK KOLOM 1 =IF(AND(C3>=65,D3>60),"HP","Batu Akik") FORMULA UNTUK KOLOM 2 =IF(OR(E3<=70,F3<55),"Menangis","Tertawa") FORMULA UNTUK KOLOM 3 =IF(AND(C3>70,D3>60,E3>50,F3>45),"Piagam","Koran Bekas") FORMULA UNTUK KOLOM 4 =IF(OR(C3<=70,D3<60,F3<=40),"Menari","Menyanyi") Did you get the hang of it? :)

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge di Ms. Word

Langkah-Langkah Membuat Mail Merge: 1.      Pilih menu bar mailings, kemudian klik start mail merge dan pilih letters 2.     Kemudian, masih pada menu bar mailings, pilih select recipients dan klik type a new list 3.     Setelah itu, jika judul kolom yang diinginkan tidak sesuai maka pilih customize columns untuk mengubahnya 4.     Pilih delete untuk menghapus field letters tertentu dan pilih add untuk menambah field letters yang diinginkan 5.     Contohnya jika ingin add field letters/ judul nama kolomnya “kota”, maka ketik “kota” pada isi kolom kotaknya dan kemudian klik OK terus sampai akhir 6.     Selanjutnya, kita isi kolom tersebut dan setelah selesai klik OK. Jika ingin menambahkan lagi, maka pilih new entry agar dapat isi data lain lagi. 7.     Kemudian, setelah tuntasin se...

Langkah-Langkah Membuat Tabel di Ms. Word

untuk membuat tabel, pilih menu insert - table - insert table. kemudian, masukkan jumlah kolom dan baris yang diinginkan. jika anda ingin memperbesar sel tabel tersebut, maka tinggal tarik saja garis tabel tersebut. lalu jika ingin menyatukan satu sel dengan lainnya, maka harus diblok dulu selnya. setelah itu, klik kanan dan pilih merge cells.  GAMPANG BUKAN? :)